Persyaratan Dan Tata Cara Pendaftaran

Peminat Program Profesi Insinyur UMI melaksanakan pendaftaran secara online atau offline (pendaftaran langsung ke kampus FTI UMI).

Peminat Program Profesi Insinyur Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar  wajib memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  1. Berlatar belakang Sarjana (S1) bidang teknik, sarjana terapan bidang teknik, sarjana pendidikan bidang teknik, atau sarjana bidang sains, yang didapat dari perguruan tinggi yang terakreditasi.
  2. Mendaftar untuk mengikuti pendidikan profesi insinyur.
  3. Sehat jasmani, rohani, bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.
  4. Telah memiliki pengalaman kerja dalam praktik bidang keinsinyuran paling sedikit 4 (empat) tahun untuk Jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau dan mencukupi 2 (dua) tahun untuk jalur Reguler, yang terhitung sejak lulus Pendidikan Sarjana S1.
  5. Syarat khusus untuk sarjana pendidikan bidang teknik atau sains yaitu telah melakukan program penyetaraan dengan sarjana bidang teknik atau sarjana terapan bidang teknik setelah berpengalaman kerja di bidang keinsinyuran paling sedikit 3 (tiga) tahun; atau memiliki pengalaman kerja keinsinyuran lebih dari 7 (tujuh) tahun.
  6. Aktif bekerja dan pengalaman kerja dibuktikan dengan surat keterangan dari instansi/perusahaan/lembaga tempat yang bersangkutan bekerja.
  7. Mengikuti Seleksi Wawancara dengan menyertakan Curriculum Vitae Lengkap dengan Kegiatan Keinsinyuran

*Bidang Aktivitas Keinsinyuran mencakup bidang:

Pendidikan dan pelatihan teknik/teknologi; penelitian, pengembangan, pengkajian dan komersialisasi; konsultansi, rancang bangun dan konstruksi, teknik dan manajemen industri, manufaktur, pengolahan dan proses produk; eksplorasi dan eksploitasi sumber daya mineral; penggalian, penanaman, peningkatan dan pemuliaan sumber daya alami; pembangunan, pembentukan, pengoperasian dan pemeliharaan aset.

Peminat Program Profesi Insinyur UMI melaksanakan pendaftaran dengan menyertakan dokumen-dokumen persyaratan sebagai berikut :

      1. Formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap. ( Download Disini )
      2. Mengisi Curriculum Vitae Keinsinyuran ( Template Download Disini )
      3. Copy Ijazah S1.
      4. Copy Transkrip S1.
      5. Surat Keterangan Pengalaman Kerja dari Instansi/Perusahaan.
      6. Copy KTP.
      7. Surat Keterangan Berbadan Sehat untuk mengikuti kuliah Program Profesi Insinyur UMI.
      8. Pas Foto terbaru.
      9. Bukti pelunasan biaya pendaftaran program.
      10. Surat pernyataan kesediaan mengikuti Program Profesi Insinyur UMI dan Surat pernyataan keaslian dokumen. ( Dokumen dapat diunduh disini )

Catatan Penting : Seluruh dokumen  disatukan dan diunggah dalam file terkompresi berekstensi ZIP serta dikirim ke email : psppi@umi.ac.id

PENDAFTARAN ONLINE

Pendaftaran online dapat dilakukan melalui https://psppi.umi.ac.id/registrasi-online 

PENDAFTARAN OFFLINE

Calon peserta dapat menghubungi Bagian Pendaftaran PSPPI UMI Lt.1 Gedung Fakultas Teknologi Industri Kampus UMI Jl. Urip Sumoharjo KM.05 Makassar, dengan membawa kelengkapan dokumen (hardcopy) seperti pada persyaratan pendaftaran online dengan tambahan pasfoto ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar. Untuk informasi silahkan hubungi  CP (WA/SMS) : 08114119087 , 082189870383, 081342522964

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI

Hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru Program Profesi Insinyur akan diumumkan selanjutnya melalui Web PSPPI UMI di https://ppi.teknologiindustriumi.ac.id, dan di papan pengumuman PS PPI UMI di Lt.1 Gedung Fakultas Teknologi Industri UMI.