Bos-bos PT Pupuk Kaltim Ramai-ramai Kuliah Program Profesi Insinyur di FTI UMI

Bos-bos PT Pupuk Kaltim Ramai-ramai Kuliah Program Profesi Insinyur di FTI UMI

Bos-bos PT Pupuk Kaltim ramai-ramai kuliah program profesi insinyur di FTI UMI, susul direktur utama.

Sebanyak 32 karyawan PT Pupuk Kalimantan Timur atau PT Pupuk Kaltim dan anak perusahaannya bakal kuliah Program Profesi Insinyur ( PPI ) pada Program Studi PPI, Fakultas Teknologi Industri ( FTI ), Universitas Muslim Indonesia ( UMI ).

Sebagian dari mereka adalah eksekutif pada BUMN anak PT Pupuk Indonesia Holding Company tersebut.

Mereka terdiri direktur utama anak perusahaan, direktur operasional anak perusahaan, general manager, manajer, dan engineer.

Mereka menyusul Direktur Utama PT Pupuk Kaltim, Achmad Bakir Pasaman yang telah lebih dulu menyelesaikan Program Profesi Insinyur di PSPPI FTI UMI angkatan VI dan meraih gelar Insinyur Profesional Utama.

Lalu, ke-32 karyawan perserta PSPPI tersebut akan kuliah pada angkatan VII mulai Februari 2020 dan akan diwisuda pada Juni 2020.

Achmad Bakir Pasaman merupakan orang pertama dari PT Pupuk Kaltim yang menyelesaikan kuliah di PSPPI FTI UMI.

Sukses menyelesaikan kuliah PPI selama 1 semester pada 2019 lalu, Achmad Bakir Pasaman pun mengajak para "anggotanya" di PSPPI FTI UMI.

Keikusertaan puluhan karyawan PT Pupuk Kaltim dan anak perusahaannya kuliah di PSPPI FTI UMI tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama ( PKS ) antara PT Pupuk Kaltim dan FTI UMI. 

Naskah perjanjian kerja sama tersebut ditandatangani Dekan FTI UMI, Zakir Sabara H Wata dan Direktur Produksi PT Pupuk Kaltim, Bagya Sugihartana di Kantor Pusat PT Pupuk Kaltim, di Bontang, Kalimantan Timur, Senin (13/1/2020).

Pada kesempatan yang sama, turut serta ditandatangani Memorandum of Understanding (MoU), juga antara PT Pupuk Kaltim dan UMI.

MoU ini terkait dengan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Direktur Eksekutif Persatuan Insinyur Indonesia ( PII ) Pusat, Faisal Safa hadir menyaksikan penandatanganan tersebut.


Bos-bos PT Pupuk Kaltim Ramai-ramai Kuliah Program Profesi Insinyur di FTI UMI, Susul Direktur Utama
DOK FTI UMI
Direktur Utama PT Pupuk Kaltim, Dr. Ir. Achmad Bakir Pasaman, M.M., M.H., IPU setelah disumpah sebagai insinyur, di Hotel Claro, Jalan Andi Pangerang Petta Rani, Makassar, Sulsel, Jumat (13/12/2019). Dia telah menyelesaikan studinya pada Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) pada Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia (FTI UMI). Juga menerima Surat Tanda Registrasi Insinyur (STRI) dari Persatuan Insinyur Indonesia (PII , tertanggal, 5 Desember 2019, dan dinyatakan kompeten sebagai Insinyur Profesional Utama (IPU). 


Pada kesempatan yang sama, turut serta ditandatangani Memorandum of Understanding (MoU), juga antara PT Pupuk Kaltim dan UMI.

MoU ini terkait dengan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Direktur Eksekutif Persatuan Insinyur Indonesia ( PII ) Pusat, Faisal Safa hadir menyaksikan penandatanganan tersebut.

Direktur Eksekutif Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Pusat Faisal Safa (kemekja batik) menerima cenderamata dari Direktur Produksi PT Pupuk Kaltim, Bagya Sugihartana sesuai penandatangan perjanjian kerja sama antara PT Pupuk Kaltim dan Fakultas Teknologi Industri UMI, di Kantor Pusat PT Pupuk Kaltim, di Bontang, Kalimantan Timur, Senin (13/1/2020).
Direktur Eksekutif Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Pusat Faisal Safa (kemekja batik) menerima cenderamata dari Direktur Produksi PT Pupuk Kaltim, Bagya Sugihartana sesuai penandatangan perjanjian kerja sama antara PT Pupuk Kaltim dan Fakultas Teknologi Industri UMI, di Kantor Pusat PT Pupuk Kaltim, di Bontang, Kalimantan Timur, Senin (13/1/2020). (DOK FTI UMI)

Hadir pula General Teknik PT Pupuk Kaltim, Hery Subagjo; General Manager SDM PT Pupuk Kaltim, Jojok Wido; General Manager Umum PT Pupuk Kaltim, Nur Sahid.

Dari FTI UMI, turut hadir Wakil Dekan 1 FTI UMI, Setyawati Yani; Katua PSPPI FTI UMI, Andi Pawennari; dan Sekretaris PSPPI FTI UMI, Taufik Nur.

Di sela penandatangan, Bagya Sugihartana dan Faisal Safa mengapresiasi PSPPI FTI UMI dalam melakukan terobosan penyelenggaraan program profesi insinyur bekerja sama dengan industri sesuai dengan kompetensi yang ditetapkan secara nasional, regional, dan internasional.

Zakir Sabara H Wata menyampaikan terima kasih atas kepercayaan PT Pupuk Kaltim mengikutkan karyawannya kuliah Program Profesi Insinyur di FTI UMI.

"Terpenting, FTI UMI memastikan bahwa peserta PSPPI akan diantarkan hingga memperoleh gelar insinyur profesional, ASEAN Eng, dan STRI ( Surat Tanda Registrasi Insinyur)," kata Zakir Sabara H Wata.

UMI melalui FTI merupakan perguruan tinggi pertama di Indonesia Timur yang menyelenggarakan program profesi insinyur atau perguruan tinggi swasta pertama di luar Pulau Jawa.

PSPII FTI UMI telah menghasilkan 491 lulusan dalam 6 angkatan. 


Satu di antaranya adalah Achmad Bakir Pasaman.

Program profesi insinyur wajib diikuti bagi penyandang gelar insinyur guna meningkatkan kompetensi sesuai dengan UU Nomor 11 Tahun 2014 tentang Keinsiyuran.

FTI UMI melalui kerja sama ini juga siap untuk kolaborasi dengan PT Pupuk Kaltim mengembangkan pusat riset oleokimia di Indonesia.

FTI UMI mengapresiasi kepedulian dari PT Pupuk Kaltim bersama memajukan pengembangan sumberdaya dalam mencapai kemajuan teknologi di Indonesia, khususnya di Kawasan Timur Indonesia.(Tribun Timur